Selasa, 04 September 2012

Metstaad,,Metstad,,


Bismillah
Mungkin informasi yang didapatkan ga akan begitu banyak karena ini hanya gambaran umum dari metoda statistika. Metoda statistika merupakan cara yang dapat dilakukan untuk membaca data lebih mudah. Seperti apapun metode yang diterapkan untuk mempermudah pembacaan data akan sah2 saja.
Dalam statistika ada 2 istilah yang membedakan …yaitu statistika deskriptif atau explorative dan statistika inferensi.  Nah sebenernya saya pun masih sedikit rancu dengan penjelasan dosen ini, beliau mengatakan bahwa statistika deskriptif merupakan cara untuk meringkas data…sedangkan statistika inferensi merupakan langkah untuk menyimpulkan dari sebuah populasi. Padahal kan dengan ringkasnya data sama aja udah dapat ditarik kesimpulan..entahlah..nanti disuruh Tanya lagi minggu depan sama dosennya.
Lanjut ya, dalam statistic itu ada banyak istilah..maka fahami semuanya.tapi itu ga menarik..ntar aja dibahasnya..dalam statistic juga ada variable. Nah variable ini di bagi 2 yaitu variable kuantatif dan kualitatif..untuk yang kuantatif ada variable interval dan rasio..bedanya apa?kalo variable interval itu belum memiliki patokan..jadi nilai 0 tidak sejati..kaya suhu. Sedangkan variable rasio sudah memiliki titik nol sejati..kaya tinggi badan dan berat badan dll. Kalo variable kualitatif ada ordinal dan nominal. Variable nominal itu hanya mampu menggolongkan jadi tidak mampu mengurutkan dari yang bagus ke jelek..seperti agama.ras.suku dll..nah kalo yang ordinal itu mampu menggolongkan dan juga mengurutkannya dari yang tinggi ke rendah ataupun sebaliknya. Contoh dalam jabatan di perusahaan dan TNI.
Ya mungkin segit dulu yang bisa aku share.coming next fismod ya..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar